ZMedia Purwodadi

Amalan Yang Baik di Hari Asyuro / 10 Muharram

Daftar Isi
SantriAswaja -Asyuro berasal dari kata 'asyaroh' dalam bahasa Arab yang artinya sepuluh. Jadi Asyuro adalah hari ke-10 di bulan Muharram. Sebagian ulama berpendapat kata asyuro artinya ada 10 Nabi yang diberikan ke istimewaan, yang juga tepat tanggal 10 Muharram.

Speccy Advanced System Information Tool

Beberapa pendapat mengatakan, hanya puasa asyuro saja yang disunatkan. Terlepas dari itu, saya mengambil beberapa pendapat ulama dari berbagai kitab, yang menyatakan ada beberapa amalan yang baik dilakukan pada hari Asyuro ini.

Syekh Nawawi Banten, dalam kitab Nihayatuz Zein mengatakan, ada 12 amalan yang baik di kerjakan pada hari Asyuro. Diantaranya :

  1. Perbanyak Sholat Sunnat, yang paling utama adalah Sholat Sunnat Tasbih
  2. Puasa, yang utama 9-10 Muharram
  3. Perbanyak shodaqoh
  4. Melapangkan nafkah untuk anak istri, atau berbuatlah kebajikan yang lebih terhadap keluarga pada hari itu.
  5. Mandi sunnat.
  6. Menziarahi 'alim ulama, baik yang sudah meninggal atau masih ada.
  7. Mengunjungi orang sakit.
  8. Memperhatikan anak yatim.
  9. Memakai celak.
  10. Memotong kuku.
  11. Membaca surat Al-Ikhlas 1000x.
  12. Silaturrahmi

Berkata Ibnu Hajar Al-Atsqolani dalam kitab Syarah Bukhori, barang siapa yang membaca do'a dibawah ini, maka hatinya tidak akan keras / mati :

سُبْحَانَ اللهِ مِلْءَ الْمِيْزَانِ وَ مُنْتَهَى الْعِلْمِ وَمَبْلَغَ الرِّضَا وزِنَةَ الْعَرْشِ، وَالْحَمْدُ لِلهِ مِلْءَ الْمِيْزَانِ وَ مُنْتَهَى الْعِلْمِ وَمَبْلَغَ الرِّضَا وزِنَةَ الْعَرْشِ، وَاللهُ اَكْبَرُ مِلْءَ الْمِيْزَانِ وَ مُنْتَهَى الْعِلْمِ وَمَبْلَغَ الرِّضَا وزِنَةَ الْعَرْشِ لَا مَلْجَأَ و لَا مَنْحَأَ مِنَ اللهِ إِلّا إِلَيْهِ، سُبْحَانَ اللهِ عَدَدَ الشَّفْعِ وَالْوَتْرِ وَ عَددَ كَلمَاتِ اللهِ التَامَّاتِ كُلِّهَا، وَالْحَمْدُ لِلهِ عَدَدَ الشَّفْعِ وَالْوَتْرِ وَ عَددَ كَلمَاتِ اللهِ التَامَّاتِ كُلِّهَا، وَاللهُ اَكْبَرُ عَدَدَ الشَّفْعِ وَ الْوَتْرِ وَ عَددَ كَلمَاتِ اللهِ التَامَّاتِ كُلِّهَا، أَسْأَلُكَ السّلَامةَ بِرَحْمتِكَ يَا اَْرحَمَ الرَّاحِميْنَ، وَ لاحَوْلَ وَ لا قُوّةَ إِلّاَ بِاللهِ الْعَلِّى الْعَظِيْمِ، وَ صلَّى اللهُ عَلىَ سَيِّدَنَا مُحَمَّدٍ وَ عَلَى آلِهِ وَ أصْحَابِهِ اَجْمَعِيْنَ، وَالْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ اْلعَالَمِيْنَ

Subhanallah mil-al mizan wa muntahal ilmi wa mablagor ridho wa zinatal arsyi, walhamdulillah mil-al mizan wa muntahal ilmi wa mablagor ridho wa zinatal arsyi, wallahu akbar mil-al mizan wa muntahal ilmi wa mablagor ridho wa zinatal arsyi, laa malja-a wa laa manha-a minallahi illa ilahi, subhanallah 'adadas syaf'i wal watri wa 'adada kalmaatillahit taammaati kullihaa, walhamdu lillahi'adadas syaf'i wal watri wa 'adada kalmaatillahit taammaati kullihaa, wallahu akbar 'adadas syaf'i wal watri wa 'adada kalmaatillahit taammaati kullihaa, as-alukas salaamata bi rohmatika yaa arhmar roohimiin, wa laa haula wa laa quwwata illa billahil 'aliyyil adzhim, wa shollallahu 'ala sayyidina muhammadin wa 'alaa aalihi wa ashabihi ajma'in, walhamdulillahi robbil 'alamiin.

"Maha Suci Allah seberat timbangan, sesempurna ilmu, sepenuh keridhaan dan timbangan 'arsy. Segala puji bagi Allah seberat timbangan, sesempurna ilmu, sepenuh keridhaan dan timbangan 'arsy. Maha Besar Allah seberat timbangan, sesempurna ilmu, sepenuh keridhaan dan timbangan 'arsy. Tidak ada tempat berlindung dan menyelamatkan diri dari Allah, kecuali hanya kepada-Nya.
Maha Suci Allah sebanyak bilangan genap dan ganjil, dan sebanyak kalimat Allah yang sempurna. Segala Puji bagi Allah sebanyak bilangan genap dan ganjil, dan sebanyak kalimat Allah yang sempurna.Maha Besar Allah sebanyak bilangan genap dan ganjil, dan sebanyak kalimat Allah yang sempurna. Kami memohon keselamatan dengan rahmat-Mu wahai Dzat Yang Paling Penyayang diantara semua yang penyayang. Dan tiada daya upaya dan kekuatan, kecuali dengan pertolongan Allah Yang Maha Tinggi lagi Maha Agung.
Semoga rahmat dan salam Allah tetap tercurah kepada junjungan kami Nabi Muhammad, teriring keluarga dan sahabat beliau. Dan Segala Puji bagi Allah Tuhan semesta alam."

Speccy Advanced System Information Tool sdsdsdsdsddsd

Berkata Sayyid Ali Al-Ajhuri, barang siapa yang membaca do'a di bawah ini (sebanyak 70x), maka ia akan dijauhkan dari marabahaya dan akan Allah cukupkan untuk tahun ini:

حَسْبِىَ اللهُ وَ نِعْمَ الْوَكِيْلِ نِعْمَ الْمَوْلَى وَ نِعْمَ النَّصِيْرِ

Hasbiyallahu wa ni'mal wakiil, ni'mal maulaa wa ni'man nashiir

"Cukuplah Allah menjadi sandaran kami, dan Dia sebaik-baik Pelindung, sebaik-baik kekasih, dan sebaik-baik Penolong"

Wallahu 'alam..

0

Posting Komentar